AIR TERJUN GEDAD
Tempat Wisata di Gunungkidul

Dusun Gedad, Gedad, Banyusoco, Playen, Kabupaten Gunungkidul 55861, Daerah Istimewa Yogyakarta

Diperbarui tgl 12 November 2021

Jam Buka Air Terjun Gedad
Tutup Permanen

Tiket Masuk Air Terjun Gedad 2018

Air Terjun Gedad adalah sebuah air terjun yang berada di tengah perkampungan warga. Dulu, air terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya. Hanya saja saat ini kondisinya sudah tidak seindah dulu. Lokasinya kotor, berantakan, dan tidak terawat. Banyak papan-papan kayu yang sudah rapuh berserakan. Air yang turun juga tidak banyak. Bahkan sekarang, air terjun ini sudah ditutup secara permanen. Konon menurut beberapa warga, penutupan objek wisata ini karena adanya konflik antara pihak pengelola dengan warga.

Lokasi Air Terjun Gedad berada di tengah perkampungan warga, akses jalannya sudah mudah untuk dilewati meskipun harus melewati jalan setapak juga. Di sepanjang jalan, rumah-rumah warga menjadi pemandangan yang terlihat jelas saat perjalanan menuju ke lokasi.

Cara menuju ke sana:
Dari Yogyakarta - Jl. Wonosari - Ringroad Ketandan - Perempatan Wiyoro - Pertigaan Piyungan - Bukit Bintang - Patuk - Sambipitu - Bunder - Gading - Pertigaan setelah lapangan terbang (ambil arah kanan menuju Playen) - Pasar Playen - Kecamatan Playen (ambil arah selatan) sekitar 500 meter akan ada pertigaan ambil arah kanan - Menuju arah Air Terjun Sri Gethuk - Pertigaan Air Terjun Sri Gethuk (ambil kiri) - Balai Desa Banyusoco - Ambil arah kiri kurang lebih 1 kilometer - Air Terjun Gedad