PANTAI MBELING

Rp10.000
Rp3.000 (sepeda motor)
Rp5.000 (mobil)

Nama Pantai Mbeling masih terdengar asing di telinga masyarakat. Bahkan, jika mencari di Google pun nama pantai ini tidak dapat ditemukan. Pada dasarnya, Pantai Mbeling memang bukan pantai wisata karena tidak ada area pasir dan tidak bisa digunakan untuk bermain air. Pantai Mbeling hanyalah sebuah pantai yang dikelilingi tebing tinggi dan berbatasn langsung dengan laut lepas. Tidak ada pembatas atau apapun yang berada di pinggiran tebing sehingga pantai ini cukup berbahaya. Angin laut yang bertiup kencang akan langsung terasa saat berada di area pantai ini. Pantai Mbeling memiliki gugusan tebing dan tumbuhan khas pesisir yang mengelilingi area pantai. Pantai ini biasanya hanya didatangi oleh pemancing atau warga sekitar yang sedang mencari pakan ternak. Wisatawan yang berkunjung bisa dihitung dengan jari, itu pun hanya sekadar mampir sebentar untuk berfoto kemudian pergi lagi.

Untuk menuju ke Pantai Mbeling, jalan sudah bisa diakses kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, tetapi disarankan untuk membawa sepeda motor karena jika membawa mobil akan kesulitan. Jalannya merupakan jalan bersemen yang berkelok, naik turun, dan jalan yang sempit. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung akan melewati perkampungan dengan pemandangan hijaunya persawahan dan perbukitan. Tidak ada fasilitas apapun di pantai ini karena memang bukan pantai yang biasa dikunjungi untuk wisata.

Cara menuju ke sana:
Rute pertama
Yogyakarta - Ringroad Jalan Wonosari - Pasar Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang) - Siono (bundaran lurus saja melalui Kota Wonosari) - Pemda Gunungkidul - Pasar Wonosari - Setelah pasar pertigaan kedua belok ke kanan menuju Jalan Baron - Karangrejek - Mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti plakat menuju Pantai Siung) - Tepus (ada pertigaan kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan Pantai Wediombo) - Bekonang - Gembuk - SD Negeri Gembuk (belok ke kanan ikuti aspal kecil) - Ke luar dari jalan Pantai Ngetun ke arah barat - Masjid Murniati - Ke arah barat 200 meter ada pertigaan belok kiri - Ikuti jalan terus - Pertigaan terakhir belok kiri ke jalan yang berbatu - Pantai Mbeling
Rute kedua
Yogyakarta - Wonosari - Ambil arah ke Semanu - Perempatan Semanu ambil arah kanan menuju Jepitu - Sogo - Cuwelo - Giri Panggung - Ngawar-awar - Pertigaan Balong (ambil kanan menuju Purwodadi) - Purwodadi - Ndakbong - Gesing - SD Negeri Gembuk (belok kiri ikuti jalan aspal kecil) - Ke luar dari jalan Pantai Ngetun ke arah barat - Masjid Murniati - Ke arah barat 200 meter ada pertigaan belok kiri - Ikuti jalan terus - Pertigaan terakhir belok kiri ke jalan yang berbatu - Pantai Mbeling