PANTAI TIMANG

Rp3.000 (sepeda motor)
Rp5.000 (mobil)
Rp20.000 (bus)

Pantai Timang adalah pantai dengan area pasir yang luas dan lebar. Pasirnya putih meskipun ada sampah yang terbawa arus tersebar di beberapa titik area pantai. Pantai ini diapit oleh dua bukit karang besar di sisi timur dan baratnya, ombaknya memiliki karakteristik yang sama seperti ombak-ombak di pantai-pantai Gunungkidul lainnya. Area Pantai Timang ini memang tidak banyak dikunjungi, karena kebanyakan pengunjung akan memilih untuk menuju ke area sebelah barat di mana tersedia gondola dan jembatan untuk menyebrang ke Pulau Timang yang ada di tengah laut. Pantai ini dikelilingi persawahan dan perbukitan dengan angin yang bertiup kencang. Di area tebing Pantai Timang, terdapat spot-spot foto yang bisa digunakan oleh pengunjung jika tidak ingin menyebrang ke Pulau Timang. Atau jika ingin memancing, pengunjung bisa melakukannya dari atas tebing. Saat merasa lapar, tidak perlu khawatir jika ingin mencari makanan karena sudah ada warung makan sederhana di area tebing.

Untuk menuju ke Pantai Timang, jalannya searah dengan Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Saat akan memasuki jalan menuju ke Pantai Timang, akses jalannya masih berupa bebatuan yang sulit untuk dilewati, jaraknya sekitar 3 km dari pinggir jalan besar. Mobil dan bus tidak bisa melalui jalan ini karena aksesnya yang masih sulit. Untuk sampai ke Pantai Timang, bisa menggunakan motor pribadi. Namun, jika tidak cukup berani melalui medannya, bisa menyewa ojek atau jeep yang sudah ada di sekitar daerah Pantai Timang.

Biaya lainnya
Naik jembatan: Rp100.000
Naik gondola: Rp150.000
Naik ojek: Rp50.000 (PP)
Sewa jeep: Rp350.000

Cara menuju Pantai Timang:
Rute pertama
Yogyakarta - Ringroad Jalan Wonosari - Pasar Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang) - Siono (bundaran lurus saja melalui Kota Wonosari) - Pemda Gunungkidul - Pasar Wonosari - Setelah pasar pertigaan kedua belok ke kanan menuju Jalan Baron - Karangrejek - Mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti papan penunjuk arah menuju Pantai Siung) - Tepus (ada pertigaan kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti, ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan Pantai Wediombo) - Gesing - Purwodadi (ada pertigaan ambil kanan menuju Pantai Siung) - Pos Tanda Pembayran Retribusi (TPR) - Pantai Timang
Rute kedua
Yogyakarta - Wonosari - Ambil arah ke Semanu - Perempatan Semanu ambil arah kanan menuju Jepitu - Sogo - Cuwelo - Giri Panggung - Pringapus - Pertigaan Piji ambil ke arah kanan jurusan Pantai Siung - Pertigaan Winangun lurus sekitar 200 meter - Ada pertigaan masih lurus lagi - Kemudian memasuki jalan bersemen - Kemudian dilanjutkan dengan jalan bebatuan - Pantai Timang